Pages

Jumat, 13 November 2015

benteng somba opu

Benteng Somba Opu

Arsitektur benteng ini adalah berbentuk segi empat, dengan panjang 2 km, berketinggian 7-8 meter, dan ketebalan dinding benteng mencapai 3.6 meter. Konstruksi yang sangat kokoh dari Benteng Somba Opu adalah sebuah sistem pertahanan yang kuat mengingat benteng ini adalah pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah yang ramai dikunjungi pedagang asing dari Asia dan Eropa pada masa lampau.
Hingga saat ini, pemugaran benteng masih dilakukan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya pelestarian sejarah yang mengagumkan pada masa lampau di Sulawesi Selatan. Di dalam kawasan benteng ini, telah dibangun berbagai rumah adat tradisional dari semua suku bangsa di Sulawesi Selatan. Setiap rumah adat dibentuk secara artistik dan unik yang menggambarkan kekhususan filosofi budaya dari tiap-tiap suku bangsa di Sulawesi Selatan.
Tempat wisata di Makassar yang satu ini memiliki sebuah meriam legendaris yang dinamakan dengan “Baluwara Agung”, berukuran panjang 9 meter dan berbobot 9.500 kg, serta juga terdapat museum yang berisi benda-benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa.
Di dalam kawasan benteng, Anda juga akan menemukan taman satwa dan waterboom yang dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, terkenal dengan sebutan Gowa Discovery Park. Untuk dapat masuk ke Gowa Discovery Park, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 85 ribu, menjadi Rp 100 ribu di saat akhir pekan.
Sementara itu, tiket masuk Benteng Somba Opu adalah sebesar Rp 2 ribu per orang.
Alamat Benteng Somba Opu: Jl. Daeng Tata, Makassar
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -5.193123,119.422444
Benteng Somba Opu

0 komentar:

Posting Komentar